Rabu, 19 Juli 2017

PABRIK GULA BANTUL
JEJAKMU KINI

          Pabrik Gula Bantul adalah salah satu pabrik gula yang pernah berdiri di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Tak banyak orang yang tahu mengenai keberadaan pabrik gula ini. Hal tersebut dikarenakan memang lokasi bekas berdirinya pabrik gula tersebut telah berubah menjadi perkampungan masayarakat dan tak meninggalkan jejak sama sekali.
            Lokasi keberadaan Pabrik Gula Bantul berada tak jauh dari bekas bangunan Stasiun Bantul non aktif. Stasiun tersebut merupakan percabangan dari Stasiun Yogyakarta menuju Sewugalur yang aktif melayani penumpang dimasa kolonial Hindia Belanda hingga decade 1970-an. Keberadaan Stasiun Bantul pada masa itu berfungsi untuk mendukung aktifitas pabrik gula seperti angkutan hasil gula dan tetes tebu maupun barang-barang lain yang bersangkutan dengan operasional pabrik. Bekas jalur percabangan kereta api menuju PG Bantulpun saat ini sudah tidak berbekas sama sekali karena telah berubah menjadi jalan raya.
            Belum banyak sumber sejarah yang mengulas mengenai Pabrik Gula Bantul ini. Termasuk tahun tepatnya berdiri dan kapan pabrik ini bangkrut atau tutup. Saat ini satu-satunya petunjuk mengenai lokasi dan keberadaan Pabrik Gula Bantul hanya bisa dilihat dari dokumentasi foto dan peta peninggalan pemerintah Hindia Belanda.


Peta Lokasi Pabrik Gula Bantul
Sumber: kitlv.nl

Aktivitas di Pabrik Gula Bantul Tahun 1900
Sumber: kitlv.nl

Lokomotif dan Gerbong di Emplasemen Pabrik Gula Bantul Tahun 1898
Sumber: kitlv.nl


Stasiun Bantul (Non Aktif)
            





1 komentar: