Rabu, 16 Desember 2015

PABRIK GULA WONOSARI

 MENYUSURI JEJAK PABRIK GULA WONOSARI

          Pabrik Gula Wonosari adalah salah satu pabrik gula yang pernah berdiri di Kabupaten Klaten. Pabrik gula ini tepatnya terletak di Desa Duwet Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Tidak banyak catatan sejarah yang menceritakan tentang aktivitas pabrik gula ini dimasa lalu. Pabrik Gula Wonosari kini seluruh bangunan beserta fasilitas-fasilitas pendukungnya seperti rumah dinas pegawai dan administrateur memang sudah lenyap dan berubah menjadi perkampungan warga.

Peta Lokasi Pabrik Gula Wonosari
Sumber: kitlv.nl

            Menurut informasi yang bersumber dari warga sekitar, dahulu di lokasi pabrik gula terbagi menjadi tiga bagian. Namun bagian terbesar dari pabrik berada diwilayah yang sekarang menjadi Desa Duwet. Disisi selatan Desa Duwet menurut keterangan warga sekitar dahulunya adalah tempat untuk menyimpan lori-lori milik Pabrik Gula Wonosari. Belum ada catatan sejarah mengenai alasan hancurnya pabrik gula ini. Namun menurut informasi yang berhasil dikumpulkan, pabrik gula ini bangkrut karena krisis malaise yang melanda dunia pada tahun 1929.


Perkampungan di Sekitar Pabrik Gula Wonosari dan
Rumah Administrateurnya Circa 1900 – 1920
Sumber: kitlv.nl

Jika dilihat dari peta lawas PG Wonosari, pabrik gula ini dahulu terhubung dengan Halte Wonosari yang berada disisi utaranya. Halte tersebut adalah tempat untuk mendistribusikan hasil industri berupa gula dan tetes tebu yang akan di jual keberbagai kota di Pulau Jawa.


Perkampungan Bekas Lokasi Pabrik Gula Wonosari

Bekas Rel Lori Pabrik Gula Wonosari

Bekas Area Menyimpan Lori Pabrik Gula Wonosari


Ladang Tebu dan Angkutan Tebu Pabrik Gula Wonosari Tahun 1920
Sumber: kitlv.nl

Stasiun Gawok Tak Jauh dari Lokasi PG Wonosari

            Tak Jauh dari lokasi bekas Pabrik Gula Wonosari yakni di Desa Padasan terdapat sebuah prasasti pertempuran agresi militer Belanda II yang terjadi pada tahun 1949. Dalam prasasti tersebut tertulis bahwa di Desa Padasan pernah terjadi pertempuran hebat antara tentara Belanda dan Tentara Pelajar dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Prasasti Padasan








Tidak ada komentar:

Posting Komentar