Rabu, 19 Juli 2017

PUING-PUING PABRIK GULA SEWUGALUR

          Kulonprogo adalah salah satu Kabupaten di Propinsi Yogyakarta yang terletak dipesisir Samudra Hindia. Kabupaten yang banyak memiliki tempat wisata pantai ini pada masa lalu merupakan salah satu wilayah perkebunan yang cukup subur. Tercatat pernah berdiri sebuah pabrik gula diwilayah ini bernama Suiker Fabriek (SF) Sewugalur.
            Pabrik Gula Sewugalur terletak di Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulonprogo. Pabrik ini didirikan oleh E.J Hoen, O.A.O Van Der Berg dan R.M.E Raaf pada tahun 1881 sebagai Perseroan Terbatas. Pada masa itu wilayah Galur yang subur memang cocok untuk menanam beberapa tanaman perkebunan seperti padi, nilai, tembakau, dan tebu.
            Guna mendukung aktivitas perkebunan dan pabrik maka secara bertahap dibangun beberapa fasilitas penunjang seperti sekolah, jalur kereta api, dan rumah dinas bagi karyawan. Rumah dinas sendiri mulai dibangun pada tahun 1918. Masa kelam PG Sewugalur terjadi pada tahun 1931 hingga tahun 1935 dimana dunia mengalami krisi hebat bernama Malaise yang ternyata ikut berdampak pada keberlangsungan Pabrik Gula Sewugalur.
            Akibat krisis tersebut, pabrik ini harus berhenti beroperasi. Alhasil kereta api dari Yogyakarta yang menuju ke Sewugalur yang biasanya diramaikan oleh masyarakat dan aktivitas pabrik gula inipun menjadi sepi. Saat Jepang mulai memasuki wilayah Indonesia, jalur kereta api dari Palbapang menuju Sewugalur dicabut untuk dipindah kewilayah lain.
            Nasib tragis pabrik gula ini tidak berakhir sampai disini. Saat agresi militer Belanda II, PG Sewugalur terpaksa dibumihanguskan sebagai langkah teknik perang para pejuang agar bangunan pabrik tidak diambil alih oleh Pemerintah Hindia Belanda. Kini hanya beberapa bagian saja yang masih tersisa dari Pabrik Gula Sewugalur. Sementara untuk bekas rumah dinasnya masih banyak yang terselamatkan meskipun hanya sedikit yang bernasib baik. Dilokasi pabrik gula ini juga masih bisa dijumpai area pemakaman Belanda (Kerkof) milik petinggi pabrik dimasa lalu.

Lokasi Pabrik Gula Sewugalur dan Halte Sewugalur
Sumber: kitlv.nl

Bekas Lokasi Pabrik Menjadi Lapangan

Salah Satu Bekas Bangunan Kantor











Bekas Rumah Dinas Milik Pabrik Gula Sewugalur

Area Pemakaman Belanda (Kerkof) di Pabrik Gula Sewugalur









Tidak ada komentar:

Posting Komentar